Tambah Usulan Cabor
DPR RI Dorong APBN Biayai Tujuh Cabor Unggulan Riau, Kadispora : Sesegera Mungkin Kita Usulkan


Sabtu, 26 November 2016 - 21:05:19 WIB




PEKANBARU - Jumat pagi, rombongan anggota dewan DPR RI dari komisi X mengunjungi Riau. Dalam kunjungan ini, para wakil rakyat ini meninjau veneu olahraga yang ada di Riau, khususnya di Pekanbaru.

Rombongan komisi X ini dipimpin langsung wakil ketua Ferdiansyah. Pihak Pemprov Riau pun ikut mendampingi kunjungan wakil rakyat ini. Kadispora Riau, Doni Aprialdi mewakili Gubri Riau Andi Rahman mendapingi wakil rakyat meninjau.

Stadion Utama menjadi tujuan pertama yang ditinjau. Setelah itu, rombongan menuju sport center yang ada di Rumbai, Pekanbaru.

Di Rumbai, rombongan melihat venue kolam renang. Setelah itu, berlanjut ke venue atletik dan senam. Tak lupa, wisma atlet juga ikut ditinjau.

Selain meninjau venue, Ferdiansyah mengatakan kedatangan ke Riau juga untuk mendorong Pemprov Riau mengusulkan tambahan cabor unggulan ke pusat. Sebab, sampai saat ini, cabor unggilan Riau hanya dua cabor yang dibantu pusat.

"Kita minta Riau mengajukan tambahan cabor unggulan ke pusat. Selama ini hanya dua. Kita minta ditambah agar menjadi tujuh," kata politis Golkar ini.

Sebab, katanya, dalam UU sistem keolahragaan nasional, ada pemetaan olahraga unggulan tiap propinsi. Dengan adanya tujuh cabor unggulan, dalam hal seleksi nasional, tidak perlu diadu seluruh propinsi. Cukup propinsi yang memiliki cabor unggulan yang sama.

"Sabar saja. Kita tunggu usulan dari Riau agar menjadi tujuh cabor. Mohon doanya warga Riau juga," pintanya.

Namun ia menekankan, cabor unggulan yang dibina harus dipertandingkan ditingkat internasional. Baik Sea Games, Asia Games maupun Olimpiade.

Terkait hasil peninjauan venue, komisi X ini mengaku sudah ada perbaikan kondisi venue. Sebab, sebelumnya, rumput dibbeerapa venue cukup tinggi. Namun sekarang sudah terawat dan bersih.

Kadispora Riau Doni Aprialdi mengatakan pihaknya akan segera memasukkan usulan tambahan cabor unggulan tersebut. Penambahan cabor unggulan Riau sudah selayaknnya dilakukan sebab sarana prasarana mendukung serta prestasi atlet Riau.

"Kita ajukan segera. Sebab, sudah seharusnya ditambah menjadi tujuh," ucapnya.

Selama ini, dua cabor unggulan Riau yakni takraw dan angkat besi. Lima cabor yang akan ditambah yakni renang, menembak, dayung, Angkat berat, angkat Besi dan Binaraga serta takraw pada nomor lain.

"Kita juga mohon doa masyarakat Riau. Soal dana APBD, Riau jangan diragukan lagi soal kepedulian ke PPLP dan PPLM. Sebab, saat ini kita sudah membina 19 cabor di PPLP dan PPLM," ujar Doni.(Dispora/7)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id