DISPORA RIAU
36 Peserta Ikuti Diklat Paskibraka


Senin, 29 Agustus 2016 - 17:34:28 WIB




PEKANBARU -  Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paskibraka Tingkat Provinsi Riau dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71 Tahun 2016 dimulai 31 Juli 2016. Sebanyak 36 siswa dan siswi ikut Diklat ini. Mereka diinapkan di Hotel Resty Menara.

Diklat ini dibuka oleh Kadispora Riau, Eddie Yusti dan didampingi Kabid Pemuda, Baikal SPi, MSi. 'Saya berharap para peserta jangan merasa terbebani karena selama latihan maupun pelaksanaan Pengibaran Bendera Pusaka pada 17 Agustus nanti,' ujar Eddie Yusti.

"Saya berharap para peserta Paskibraka mempunyai mental yang tinggi, berdisiplin patuh pada aturan yang telah ditetapkan oleh Pelatih dan Pembina, jaga stamina tubuh yaitu dengan makan yang teratur serta istirahat yang cukup, jangan memikirkan hal-hal yang diluar dari Pelatihan ini,' tambahnya.

Sementara itu, Baikal menjelaskan peserta 36 orang terdiri dari 18 orang putra dan 18 orang putri hasil seleksi dari 63 orang utusan dari 12 kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau.  Mereka adalah pelajar-pelajar SMA/SMK/MA kelas I atau kelas II yang berusia 16 – 18 tahun.

'Tujuan Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat Provinsi Riau Tahun 2016 adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi, intinya membentuk pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam rangka upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus,' ujarnya.

Sementara itu, Eddie Yusti menambahkan Diklat Paskibraka ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai kebangsaan dan kejuangan agar menjadi kader penerus perjuangan bangsa yang berbudaya Indonesia, memiliki akhlak mulia, bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sifat ramah, tidak sombong, bertanggungjawab dan memiliki semangat tinggi untuk mengisi kemerdekaan serta meneruskan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Untuk membina dan mengembangkan potensi generasi muda tidak hanya melalui pendidikan formal, salah satunya adalah mengikuti kegiatan pelatihan Paskibraka. Ya, tantangan berat yang dihadapi pemuda Indonesia dewasa ini adalah penurunan peranan dan kualitas dalam kreatifitas, kemampuan mengembangkan pemikiran untuk melakukan kegiatan eksploratif serta serta aksi sosial sehingga gilirannya dapat menghambat percepatan proses kaderisasi bangsa.

'Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut maka perlu pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan pada upaya pemberdayaan dan penciptaan iklim kondusif dalam mengaktualisasikan segenap potensi, bakat dan minatnya dengan memberikan peluang yang seluas-luasnya dan kebebasan meng-organisasikan dirinya,' ujar Eddie Yusti.(dispora/4)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id