POPNAS Papua XV 2019
Pemprov DKI Jakarta tidak menyanggupi menjadi pengganti tuan rumah pelaksanaan Popnas 2019


Senin, 16 September 2019 - 12:49:28 WIB




Pemprov DKI Jakarta tidak menyanggupi menjadi pengganti tuan rumah pelaksanaan Popnas 2019, yang sebelumnya Provinsi Papua. Dengan demikian, Kemenpora RI dipastikan mengambil alih pesta olahraga multi event pelajar se-Indonesia tersebut. Kepastian pengambilalihan tuan rumah Popnas oleh Kemenpora RI ini, diakui oleh Kepala Dispora Riau Doni Aprialdi, bahwa surat permintaan Kemenpora RI tentang tuan rumah pengganti ini, tidak disanggupi oleh Pemprov DKI Jakarta.


"Ya, kita sudah dapatkan informasi itu. Kemenpora yang langsung mengambil alih tanggung jawab perhelatan Popnas 2019 ini," kata Doni Aprialdi tegas. Untuk tempat pelaksanaan Popnas ini sendiri, lanjut Doni, tetap digelar di Jakarta. Keputusan ini sengaja ditetapkan, selain mudahnya akses dan jangkauan para peserta Popnas, kemudahan pemantauan oleh Kemenpora, juga lengkap dan layaknya venue pertandingan. Artinya, jika nanti jumlah cabor yang dipertandingkan tidak ada perubahan seperti di Papua, yakni 20 cabor, maka semua venue 20 cabor tersebut tersedia di Jakarta. Bahkan sudah bertaraf standar internasional.


Bagaimana dengan waktu pelaksanaannya? "Kalau soal waktu pelaksanaan, kemungkinan tidak berubah. Mungkin on schedule yakni 10-18 Oktober 2019," terang mantan Kepala UPT Pelatihan Dispora Riau ini. Meski demikian, tambah Doni, untuk waktu dan tempat pelaksanaan, tidak menyurutkan persiapan yang dilakukan tim Popnas Riau.


Meski pelaksanaannya di Jakarta, Provinsi Riau siap untuk memberangkatkan skuad terbaiknya Kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (4/9/2019), Doni menjelaskan, bahwa surat permintaan Kemenpora RI tentang tuan rumah pengganti ini, tidak disanggupi oleh Pemprov DKI Jakarta. "Ya, kita sudah dapatkan informasi itu. Kemenpora yang langsung mengambil alih tanggung jawab perhelatan Popnas 2019 ini," kata Doni Aprialdi tegas.


Untuk tempat pelaksanaan Popnas ini sendiri, lanjut Doni, tetap digelar di Jakarta. Keputusan ini sengaja ditetapkan, selain mudahnya akses dan jangkauan para peserta Popnas, kemudahan pemantauan oleh Kemenpora, juga lengkap dan layaknya venue pertandingan. Artinya, jika nanti jumlah cabor yang dipertandingkan tidak ada perubahan seperti di Papua, yakni 20 cabor, maka semua venue 20 cabor tersebut tersedia di Jakarta. Bahkan sudah bertaraf standar internasional. Bagaimana dengan waktu pelaksanaannya? "Kalau soal waktu pelaksanaan, kemungkinan tidak berubah. Mungkin on schedule yakni 10-18 Oktober 2019," terang mantan Kepala UPT Pelatihan Dispora Riau ini.


Meski demikian, tambah Doni, untuk waktu dan tempat pelaksanaan, tidak menyurutkan persiapan yang dilakukan tim Popnas Riau. Meski pelaksanaannya di Jakarta, Provinsi Riau siap untuk memberangkatkan skuad terbaiknya. Hanya saja, untuk jumlah cabor yang akan diikuti Riau, tidak bisa full tim atau tidak bisa mengirimkan 20 cabor. Dispora Riau tetap mengacu kepada rencana semula, yakni mengirimkan 17 cabor. "Khusus untuk kita Riau, kita inginkan 17 cabor. Kita harapkan ini bisa terealisasi," pintanya.


Seperti diketahui, 17 cabor yang akan dibawa Dispora Riau ke Popnas 2019 di antaranya angkat besi, atletik, basket, voli indoor, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, silat, renang, Sepak takraw, taekwondo, tinju, tenis meja, dan tarung drajat. Dispora Riau mengajukan kembali anggaran untuk tim Popnas Riau, pada APBD-Perubahan Riau 2019. Jumlah anggaran yang diajukan sebesar Rp 3,5 miliar. Usulan anggaran tersebut, karena Dispora menginginkan membawa 17 cabor ke Popnas Papua.


Anggaran yang tersedia sekarang dari APBD murni 2019 hanya Rp 2,5 miliar. Nilai anggaran Rp 2,5 miliar ini, hanya bisa memberangkatkan 12 cabor. Itu pun akan didominasi cabor perorangan dan berpotensi meraih medali saja. Penambahan anggaran untuk Popnas 2019 tersebut sudah diajukan pihak Dispora Riau ke Pemprov Riau. Pengajuan tersebut, disambut baik Gubernur Riau. Gubri berjanji bahwa anggaran tambahan untuk Popnas, akan dimasukan dalam APBD Perubahan 2019.


Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul DKI Jakarta Menolak Jadi Tuan Rumah Popnas 2019 Gantikan Papua, https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/09/04/dki-jakarta-menolak-jadi-tuan-rumah-popnas-2019-gantikan-papua.
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi


 


 



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id