PEKAN OLAHRAGA TRADISIONAL
Terima Panjang ke Semifinal, Sumpit Perempatfinal


Jumat, 20 Oktober 2017 - 08:38:41 WIB




PEKANBARU - Pekan Olahraga Tradisional (POT) Tingkat Nasional yang digelar setiap dua tahun sekali kembali dihelat. Sejumla h permainan tradisional masuk dalam program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lewat Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus dan Bidang Pembudayaan Olahraga.

Terdapat 11 cabang permainan yang diperlombakan di Pantai Panjang yang terletak di Jalan Pariwisata, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, sejak Minggu (9/10) hingga Rabu (12/10). Antara lain Terompah Panjang, Dagongan, Engrang, Hadang, Tarik Tambang, Gebuk Bantal, Lari Balok, Patok Lele, Benteng, Sumpitan, dan Gasing.

Riau juga mengirimkan utusan di acara ini. Riau ikut empat cabang olahraga yakni hadang rintang, terompah panjang, egrang dan sumpit. Total kontingen Riau berkekuatan 30 orang. Hasilnya di terompah panjang Riau masuk semifinal dan sumpit terhenti di delapan besar.



'Kita mengirim tiga atlet di sumpit, tujuh orang di hadang, terompah panjang 5 orang dan lima orang di egrang. Meski tak dapat medali, atlet kita tetap bisa bersaing,' ujar Kabid Olahraga Dispora Riau Yusfar didampingi Kasi Olahraga Tradisional Wan Robby kepada wartawan, Selasa  (11/10/2017).



Sekretaris Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Kemenpora Bambang Laksono mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengembangkan sekaligus melestarikan permainan tradisional.



Dia berharap, olahraga tradisional bisa menjadi olahraga yang bersifat prestasi, seperti pencak silat, takraw, dan tarung derajat. "Kami akan terus bekerjasama-bersinergi ke depan dan menghadirikan beragam permanan tradisional nusantara lainnya," katanya.

POT tersebut dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang didampingi Kadispora Bengkulu yaitu Achmad Meri Sasdi Jantan. Pembukaan ditandai pemukulan Dol yaitu alat musik tradisional Bengkulu. Pembukaan juga dihadiri Raden Isnanta selaku Deputi Pemerdayaan Olahraga Kemenpora.(dispora/7)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id