Dayung PPLP Gagal di Kejurnas, Warning Prestasi di Popnas


Selasa, 29 Agustus 2017 - 14:05:45 WIB




PEKANBARU - Akhir September ini, Dispora Riau akan membawa atlet Riau mengikuti ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Tengah. Target finish lima besar dalam perolehan medali diusung Dispora Riau diajang ini.

Namun, hasil Kejurnas dayung PPLP Dispora Riau di Palu harus menjadi warning bagi Dispora Riau. Sebab, di Kejurnas ini, dayung Riau gagal menyumbang satu medali pun.

"Kita gagal meraih medali," kata pelatih dayung PPLP Dispora Riau, M Amin, Senin (28/8/2017).

Dalam Kejurnas ini, PPLP Dispora Riau membawa 15 pedayung dan mengikuti 6 nomor. Di semua nomor masuk final, namun gagal meraih medali.

Amin sendiri tidak ikut mendampingi atlet ke Kejurnas ini. Ia tinggal di Pekanbaru melatih atlet.

Amin mengatakan ini kali pertama PPLP Dispora Riau gagal meraih medali. Kejurnas tahun lalu, PPLP Dispora Riau sendiri keluar sebagai juara umum dengan 7 emas.

Atlet yang dibawa ke Kejurnas ini tentunya juga akan dibawa ke Popnas nanti. Tentunya, persaingan di cabor dayung di ajang Popnas akanlebih berat dibanding Kejurnas antar PPLP.

Dayung sendiri merupakan cabor unggulan Riau. Baik diajang pelajar maupun level senior. Namun, hasil Kejurnas antar PPLP ini cukup mengejutkan.

Amin mengatakan penyebab anak asuhnya gagal mmebawa satu medali di Kejurnas dikarena atlet yang dibawa ke Kejurnas merupakan atlet baru. Jam terbangnya pun masih minim.

"Ini memang atlet baru kita. Yang tahun lalu, saat kita juara umum sudah pada tamat," kata Amin.

Selain itu, faktor pindahnya tempat penginapan atlet dayung ke wisma atlet Rumbai juga dinilai ikut mempengaruhi. Sejak tahun lalu, atlet dayung sudah pindah tinggal di wisma atlet. Sebelumnya, atlet dayung PPLP Dispora Riau tinggal disekitar danau buatan - tempat latihan atlet dayung.

Tinggal di wisma atlet, para atlet tidak bisa dipantau jajaran pelatih lagi. Apalagi malam hari. Sebab, tempat tinggal pelatih masih di sekitar danau buatan.

Selain itu, latihan atlet secara rutin pun tidak bisa berjalan efektif. Sebab, dari wisma atlet ke danau buatan membutuhkan waktu.

Pemindahan tempat tinggal atlet ke wisma atlet merupakan kebijakan UPT Pelatihan Pemuda dan Olahraga (PPO) Dispora Riau yang menaungi pembinaan atlet seperti PPLP. Kepala UPT PPO Dispora Riau, Rustam sendiri belum bisa dimintai komentarnya.(dispora7/8)

,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id