Usulan Untuk Dibiayai APBN
Atletik Masuk Cabor Unggulan


Senin, 19 Desember 2016 - 18:53:33 WIB





Pekanbaru - Cabang olahraga atletik dimasukkan menjadi cabor unggulan yang akan dibantu pemerintah pusat dalam hal pembiayaan. Masukknya atletik ini berdasarlan rapat Selasa sore.

Selasa sore (6/12/2016), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau melakukan rapat dengan pengurus KONI Riau. Rapat tersebut digelar di sekretariat KONI Riau.

Rapat ini sendiri merupakan tindaklanjut kunjungan komisi X DPR RI ke Riau. Kala itu rombongan anggota dewan pusat datang untuk mendesak Riau memasukkan tambahan cabor unggulan.

Cabor unggulan ini merupakan cabor yang dibina di Dispora Riau lewat pembinaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM).

Selama ini hanya dua cabor unggulan Riau yang dibiayai APBN. Yakni angkat besi dan takraw. Kala itu, DPR Pusat mendesak akan ditambah lima cabor lagi.

Kala itu, Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi mengatakan sudah ada cabor yang diusulkan ke pemerintah pusat. Yakni renang, menembak, dayung, angkat berat. Nah, dalam pertemuan dengan KONI Riau, atletik pun dimasukkan agar menjadi cabor unggulan.

"Atletik kita usulkan untuk cabor unggulan juga," kata ketua umum KONI Riau, Emrizal Pakis, Rabu (7/12/2016).

Cabor menambak, dayung, renang, angkat berat tidak ada perubahan sama sekali. "Menembak tetap diusulkan," katanya.

Doni Aprialdi membenarkan rapat tersebut. Namun ia mengatakan mengenai cabor unggulan ini, belum tuntas sepenuhnya. "Belum putus," ujarnya.

Mengenai cabor unggulan yang diusulakn tersebut, sejauh ini hanya angkat berat dan angkat besi yang tidak memiliki venue khusu untuk tempat latihan. Sejauh ini, para lifter Riau hanya latihan di lokasi rumah ketua umum Pengprov Pabbsi, Sanusi Anwar.

Cabor lainnya, renang, atletik, takraw, dayung, menambak, Riau punya venue. Hanya saja, khusu untuk menembak, venue menembak belum tuntas sama sekali dan terkesan terkatung - katung saat ini. Bibit muda atlet menembak Riau memang sudah bermunculan walau masih dalam jumlah sedikit.(dispora7/8)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id