KPK Puji Pemprov Riau Terkait Penggunaan Stadion Utama


Senin, 19 Desember 2016 - 18:46:54 WIB





Pekanbaru - Akhir pekan lalu, Sabtu (10/12/2016) ternyata wakil ketua KPK Saut Situmorang mengunjungi Stadion Utama Riau. Dalam kunjungan tersebut, Saut ditemani Gubri Riau Andi Rahman, Kadispora Riau Doni Aprialdi serta pejabat Pemprov Riau dan pejabat instansi vertikal lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Doni Aprialdi menceritakan Saut Situmorang memuji Pemprov Riau yang sudah merawat stadion. Bahkan sudah memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat.

"Wakil ketua KPK pak Saut Situmorang Sabtu kemarin ninjau Stadion Utama Riau itu. Pak Saut bilang bagus karena sudah dimanfaatkan dan dirawat," kata Doni Aprialdi, Senin (12/12/2016).

Memang saat peninjauan tersebut, tim SSB UNRI sedang berlatih menggunakan stadion tersebut. Peninjauan ini pun tidak mengganggu pemain usia dini tersebut berlatih.

Doni mengatakan wakil ketua KPK tersebut berpesan akan stadion tersebut terus dimanfaatkan. Sebab, sangat disayangkan bila tidak terawat dan tidak digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Baru - baru ini, stadion dengan kapasistas 45.000 penonton tersebut memang sudah dimanfaatkan masyarakat Riau. Dispora Riau sendiri menggelar senam massal di stadion tersebut. Tim sepakbola PSPS menggunakannya sebagai latihan dan menggelar pertandingan ujicoba.

Stadion ini memang sudah serah terima dari kontraktor ke Pemprov Riau. Serah terima sudah dilakukan hingga tahap kedua.

Namun, Pemprov Riau masih menunggak utang pembayaran stadion ke kontraktor. Total utang, baik pembangunan stadion maupun infrastruktur di sekitar stadion, mencapai Rp 240 miliar lebih.

Terkait utang ini, Doni mengatakan KPK akan membantu Pemprov Riau. Membantu dalam hal skema pembayaran agar tidak menimbulkan permasalahan jukum dikemudian hari.

"Pak Saut bilang, KPK akan membantu Pemprov Riau soal penyelesaian utang stadion ini. KPK akan memberi advice soal pembayaran utang," ucapnya.

Lanjutnya, KPK pun akan menelaah soal permasalahan utang ini. Hasil telaah KPK akan secepatnya diberikan ke Pemprov Riau.

KPK, kata Doni, juga sejalan pemikirannya dengan Pemprov Riau. Bagimana utang bisa dibayar namun pembayaran tidak memunculkan permasalahan hukum dikemudian hari.

Terkait stadion ini, kata Doni, permasalahan utang dengan perawatan dan penggunaan stadion harus dipisahkan. Sebab, kedua hal tersebut berbeda.

"Itu dua hal yang berbeda soal utang serta perawatan dan penggunaannya. Harus dipisah. Kita tidak ingin, karena masih ada utang, jadi ngak kita rawat dan tidak kita manfaatkan. Itu salah. Soal utang, akan tetap dibayar namun jangan sampai menimbulkan masalah hukum kedepannya," ucapnya.

Terkait utang ini, Kejaksaan Agung memang beberapa kali memanggil pihak Pemprov Riau untuk berdiskusi. Kejagung juga berharap aset tidak ditelantarkan dan penyelesaian masalah utang tidak menimbulkan masalah hukum kedepannya. (dispora7/8)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id