Soal Stadion Utama Riau, Sekda Minta Masyarakat Bersabar


Sabtu, 10 September 2016 - 15:04:55 WIB


Stadion Utama Riau

PEKANBARU - Eks venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII hingga kini masih ada beberapa yang belum termanfaatkan fungsinya.

Salah satunya, Stadion Utama Riau, dikawasan Kampus Universitas Riau, Panam. Akibat hutang sekitar Rp245 miliar yang belum dibayarkan Pemprov Riau kepada kontraktor, membuat Stadion termegah di Indonesia ini kondisinya cukup memprihatinkan.

"Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) laporkan ada 19 venue PON 2012 lalu yang berada di Pekanbaru. Termasuk Stadion Utama Riau (SUR) yang masih menyisakan hutang," ungkap, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi kepada wartawan.

Selain Stadion Utama Riau, venue PON yang berlokasi di kampus juga akan dikaji kembali semua oleh Pemprov. Bagaimana pengelolaan ke depannya agar lebih bermanfaat.

"Pengelolaan venue PON yang lalu mesti diefektifkan. Agar pendapatan lebih besar dari biaya pengelolaan bukannya defisit seperti saat ini," ungkapnya.

Sekda berharap masyarakat mengerti dengan kondisi keuangan Pemprov saat ini. Ketiadaan dana membuat pembayaran utang jadi tertunda lagi.

"Saya harap masyarakat bersabar, pemerintah berusaha selesaikan masalah yang ada satu demi satu. Tentunya ini tak semudah membalik telapak tangan," ujar Hijazi yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Batam, Kepulauan Riau in.

Selain berusaha melunasi hutang, pihak Pemprov juga memperhatikan venue PON 2012 lainnya. Mengkaji apakah pengelolaannya bisa diserahkan kepada pihak ketiga.

Sebagai data tambahan, sejak digunakan untuk helat pembukaan PON tahun 2012 lalu, stadion utama Riau sudah beberapa kali dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan sepakbola berskala nasional dan internasional. Stadion utama Riau ini memiliki kapasitas 45 ribu tempat duduk dan bisa menampung 50 ribu penonton.

Stadion ini merupakan salah satu yang terbesar bahkan termegah ketika pertama kali difungsikan. Selain mengusung konsep single seat, rumput stadion ini juga diimport dari Brazil.(dispora/4)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id