PIALA GUBERNUR RIAU TAHUN 2016
Empat Tim Semifinalis Diisi Jebolan PPLP Dispora Riau


Kamis, 04 Agustus 2016 - 10:47:35 WIB


Tim Pekanbaru menjadi tim terbanyak yang diisi para pemain jebolan PPLP Riau dan SMAN Olahraga Riau. (dispora/7)


PEKANBARU -Empat semifinalis turnamen sepakbola Piala Gubernur Riau 2016 sudah diketahui, Rabu (3/8/2016).Yakni  Pelalawan, Pekanbaru, Kuantan Singingi dan Kepualauan Meranti.

Keempat tim yang berlaga di babak semifinal ini seluruhnya memiliki pemain yang pernah menimba ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau dan SMAN Olahraga Provinsi Riau.

Pekanbaru mendominasi, tercatat ada 8 pemain, disusul Kuantan Singingi 7 pemain, Pelalawan 4 pemain dan Meranti 3 pemain.Artinya pembinaan yang kontinyulah yang mampu bersaing di iven tahunan bertajuk Piala Gubernur Riau 2016 ini.

Terkait hal ini, pelatih Sepakbbola PPLP Riau Miskardi SPd saat  di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai mengakui bahwa pembinaan sepakbola secara kontinyu sangat bagus dan efektif.

"Pembinaan sepakbola tidak bisa instan, tapi harus secara kontinyu dan bertahap. Jadi tidaklah heran jika empat tim ini melaju ke babak semifinal Piala Gubernur Riau tahun ini," kata mantan pelatih tim PWI Riau di Porwanas 2007 Kalimantan Timur ini.

Kata Miskardi, meski secara persiapan, seluruh tim sangat singkat, tapi keempat tim semifinalis ini bisa tampil spartan. Bahkan cenderung mendominasi permainan."Jadi, pembinaan pemain usia muda di SMAN Olahraga dan PPLP sangat lah penting untuk menopang kemajuan sepakbola daerah bahkan tingkat nasional," katanya.

Senada, pelatih Pekanbaru Afrizal Tanjung menyebutkan, keberadaan pemain usia dini yang digembleng di PPLP dan SMAN Olahraga memang telah memberi warna persepakbolaan di Riau khususnya usia remaja.

Contohnya kata pria yang akrab disapa ajo ini, Tim Pekanbaru. Meski hanya memiliki waktu persiapan  yang singkat, menunjukkan hal yan positif."Secara mental  anak-anak lebih siap menghadapi pertandingan.Harus diakui jebolan PPLP dan SMAN Olahraga Riau menjadi pilar penting di tim daerahnya. Bahkan memberikan efek positif bagi tim yang dibelanya," tukasnya.

Untuk diketahui, pemain-pemain yang berlaga di iven Piala Gubernur ini hampir separuhnya merupakan jebolan PPLP dan SMAN Olahraga. Para pemain ini merupakan pelaku sejarah emas sepakbola pelajar Riau di ajang Popwil Sumatera di Jambi 2014 lalau dan Popnas di Jawa Barat 2015.(dispora/7)





,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id