Anggaran Dipangkas, Helat Popwil 2016 di Riau Bakal Berlangsung Sederhana


Kamis, 30 Juni 2016 - 09:30:26 WIB


Basket salah satu cabor yang dipertandingkan di Popwil 2016 di Riau

Anggaran Pusat yang Dipotong, Popwil Riau 2016 Bakal Berjalan Sederhana

PEKANBARU - Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah di Riau tahun ini diperkirakan akan berjalan sederhana dan minimalis. Penyebabnya, terjadi pemotongan anggaran bantuan dari pusat.

Akhir pekan lalu, Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) menggelar pertemuan. Seluruh Bapopsi perwakilan provinsi termasuk Riau hadir dalam pertemuan tersebut. Popwil menjadi salah satu bahasan di pertemuan ini.

Dari hasil rapat tersebut, Kasi Bidang Prestasi Olahraga Dispora Riau Suhartoni  mengatakan, penyelanggaraan Popwil di Riau akan berjalan sederhana.

"Sederhana dan minimalis. Sebab dana bantuan dari pusat banyak yang dipotong," kata Suhartoni



Dikatakannya, dalam pertemuan tersebut dana untuk bantuan akomodasi ke tuan rumah Popwil mengalami pengurangan. Dulunya, dana bantuan akomodasi ke tuan rumah sebesar Rp 3,6 miliar. Sekarang menyusut menjadi Rp 2 miliar.

"Dulunya itu, setiap tuan rumah dapat Rp 3,6 miliar untuk akomodasi para peserta. Sekarang hanya Rp 2 miliar," ujarnya.

Pengurangan dana ini tentunya akan mempengaruhi pelaksanaan Popwil. Padahal, biaya penginapan peserta di hotel tidak mengalami penurunan.

Sebelumnya, dana dari APBN juga sudah ditiadakan untuk biaya transportasi tiap - tiap propinsi ke lokasi pelaksaan Porwil.
Padahal sebelumnya, biaya ini ditanggung APBN. Akibatnya, pelaksaan Porwil diundur untuk memberi kesempatan ke propinsi peserta menganggarkan dana transportasi di APBD Perubahan di propinsi masing - masing.

Suhartoni mengatakan, dengan pengurangan dana jumlah peserta atlet yang akan bertanding nanti di Popwil Riau pun dibatasi. Agar jumlahnya tidak terlalu banyak.

Selain itu, pelaksaan Porwil pun juga dipangkas. Pelaksanaan Porwil yang biasanya selama 8 hari akan dipangkas menjadi 6 hari.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau sendiri akan menggelar Popwil pada 14 - 20 November nanti. Sebelumnya Popwil direncanakan digelar 20 - 27 Agustus.

Pelaksaan Popwil semakin sederhana karena dana yang dianggarkan Dispora Riau juga tidak besar. Yakni Rp 4,3 miliar.(dispora/12)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id