AGAR DAPT DIMANFAATKAN KEMBALI
Dispora Riau Usulkan Anggaran Perawatan Stadion Utama di APBD-P 2016


Rabu, 29 Juni 2016 - 15:25:08 WIB

PEKANBARU - Stadion Utama Riau eks venue PON XVIII lalu memang telah diserah terimakan KSO tahun lalu kepada Pemerintah Provinsi Riau. Praktis pemeliharaan stadion berkapasitas 45 ribu tempat duduk ini menjadi tanggungan Pemprov Riau.

"Kondisi Stadion Utama Riau sangat memprihatinkan.Beberapa bagian mengalami kerusakan. Seperti rumput , kaca dan lainnya. Semua itu terjadi karena nihilnya biaya perawatan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Eddie Yustie didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Riau Mislan, Rabu (11//5/2016).

Pantauan ke kawasan stadion utama Riau memang sangat memprihatinkan. Beberapa bagian kondisinya rusak, mulai pintu masuk, sejumlah kaca pecah sampai rumput lapangan yang didatangkan dari Brazil terlihat tumbuh liar tanpa perawatan.

Padahal beberapa waktu lalu Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat berkunjung ke Riau telah mempersilahkan  Pemprov Riau untuk memanfaatkan stadion yang menjadi tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 lalu.

Untuk itulah, agar stadion ini bisa kembali dimanfaatkan, Dispora Riau tahun ini mengusulkan  anggaran pemeliharaan stadion utama di APBD perubahan 2016 ini.

"Tahun ini kita coba alokasikan anggaran pemeliharaan di APBD P sekitar Rp1 miliar.Kita juga sudah koordinasi dengan pimpinan. Jadi kita harap pihak terkait khususnya banggar DPRD Riau juga memahami kondisi ini, supaya aset negara ini terselamatkan dan  stadion kembali bisa dimanfaatkan," harapnya.

Sejatinya, jika salah satu stadion termegah di Asia ini bisa dimanfaatkan, tentu bisa digunakan klub-klub sepakbola Riau. Seperti PSPS Pekanbaru yang saat ini berlaga di kompetisi Indonesia Soccer Champions (ISC) B. (dispora/3)



,

Hubungi Kami
PEMERINTAH PROVINSI RIAU
DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
JL. DR. SUTOMO NO.114 TELP.(0761) 38830 - 23369
Copyright © 2016 Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. All Right Reserved
Email: dispora[@]riau.go.id